Baca Juga


Membicarakan tentang batik di Pulau Jawa memang tak akan pernah ada habisnya, salah satunya mengenai Batik Lamongan. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur yang menyimpan seni tradisi rakyat, yaitu batik. Lamongan memiliki beragam macam batik mulai dari batik sablon, batik cap, dan batik tulis, yang biasa disebut dengan Batik Sendang.

Motif Batik Sendang dibuat dengan beragam goresan gambar yang dianggap sebagai sebuah seni budaya warisan leluhur yang diwariskan secara turun-temurun. Diperkirakan berawal dari generasi pada masa Dewi Tilarsih istri dari Raden Noer Rochmat (dikenal sebagai Sunan Sendang sekitar abad ke 15). Dewi Tilarsih dianggap sebagai pelopor atau tokoh pertama kali yang membawa tradisi batik dari wilayah asalnya. Batik Sendang memiliki karakteristik khas dari jenis batik manapun. Untaian gambar Batik Sendang dikenal masyarakat Desa Sendangagung memiliki detail yang rumit dan kecil, sehingga seorang perajin batik dituntut harus memiliki kesabaran, ketelatenan, keuletan, ketangkasan tangan, kesadaran dan kestabilan emosi yang tinggi.

Batik Lamongan

Sumber: http://batiktulislamongan.blogspot.com

Secara umum teknik mengerjakan Batik Sendang masih bersifat tradisional. Canting masih tetap digunakan sebagai alat untuk melukiskan malam (lilin) di atas kain. Untaian gambar yang tampak juga masih bernuansa alam lingkungan yang penuh makna hidup dan filosofi-filosofi tertentu. Di antara ornamen lingkungan tersebut yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat Desa Sendangagung sebagai ornamen utama adalah jenis flora dan fauna. Beragam motif gambar dengan nuansa tumbuh-tumbuhan, dedaunan, bunga, buah-buahan, dan kumbang masih menjadi ragam motif yang mendominasi. Warna-warna yang digunakan juga melambangkan tiga alam yang dilalui manusia dalam menghadap Tuhannya, yaitu warna putih sebagai alam Garba (kandungan), warna merah untuk alam Fana (dunia) dan warna hitam sebagai alam Baka (akherat).

Batik Lamongan

Sumber: http://batiktulisasli.blogspot.com

Beragam jenis Batik Sendang dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan, yaitu Batik Sendang Tradisional dan Batik Sendang Modern. Batik Sendang Tradisional dianggap memiliki makna dan nilai filosofi tertentu serta memiliki dampak pemakaian atau penggunaan. Sedangkan Batik Sendang Modern merupakan ragam jenis batik yang hanya memiliki nilai guna sebagai citraan gaya hidup modern. Kedua golongan tersebut dipersepsikan secara positif oleh masyarakat Desa Sendangagung yang beranggapan bahwa dengan memakai Batik Sendang identitas kedaerahan, prestise sosial, harga diri, martabat, kepribadian, kewibawaan, dan gaya hidup dapat tersiratkan. Sehingga, konsumen Batik Sendang menjadi bangga bila mengenakan Batik Sendang di depan publik.

Batik Lamongan

Sumber: http://lamongankab.go.id

Batik Lamongan Motif Gapuro Tanjung Kodok

Sumber: http://lamongankab.go.id

Batik Tulis Sendang merupakan karya seni original yang bernilai tinggi. Dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan yang masih asli dengan unsur budaya lokal. Dahulu corak atau kreasi ukiran batik yang khas seperti daun-daunan, karena di desa Sendang Lamongan adalah daerah pegunungan yang asri banyak jenis pohon dan menjadi daya tarik seniman batik sebagai corak khas Batik Sendang ini.

Terdapat juga motif lain yang juga mencirikhaskan Batik Lamongan, yaitu motif gendang ceplik bandeng lele yang menggambarkan ikan bandeng dan lele yang ditambahkan bunga melati yang merupakan lambang kesucian, motif kepiting rowo sisik naga, motif gapuro tanjung kodok, motif ikan laut, dan lain sebagainya.

Batik Lamongan Motif Gendang Ceplik Bandeng Lele

Sumber: http://www.fashionbatik.net

Batik Lamongan Motif Gendang Ceplik Bandeng Lele

Sumber: http://lamongankab.go.id

Sentra Batik Lamongan berada di daerah Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Desa ini termasuk salah satu desa keramat karena terdapat Makam Sunan Sendang yang banyak dikunjungi para peziarah dan wisatawan rohani. Desa Sendang Duwur merupakan salah satu desa yang sebagian masyarakatnya masih berusaha untuk melestarikan, meningkatkan, serta mengembangkan batik tulis. Keterampilan membatik kebanyakan diperoleh secara turun-temurun, serta mendapat bimbingan dari Dinas Perindustrian Kabupaten Lamongan. Daerah ini terletak dekat pantai atau daerah pesisir. Desa ini dulunya terkenal dengan pekerjaan batu kapurnya, namun kini daerah tersebut terkenal dengan batik tulis yang berasal dari kulit sawo yang diberi nama batik tulis sendang biru ciri khas batik Lamongan. Batik Tulis Sendang Biru merupakan karya seni original yang bernilai tinggi warga Lamongan. Batik ini dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan dan juga melayani desain atas keinginan para pelanggan. Salah satu khas dari batik di Sendang Duwur ini memiliki warna unik yaitu pewarnanya berasal langsung dari pohon atau kulit sawo.

Batik Lamongan

Sumber: http://mutiarasendang.blogspot.com

Usaha pelestarian Batik Sendang memerlukan adanya regenerasi dan atau pengkaderan. Untuk itu instansi terkait hendaknya memberikan penyuluhan, apabila masalah kaderisasi ini tidak mendapatkan tempat dan dilakukan secepatnya, maka cepat atau lambat kerajinan Batik Tulis Sendang akan dilupakan orang bahkan punah. Dengan adanya otonomi daerah, sekarang ini para pengusaha khususnya pengrajin batik berusaha untuk membangun dan mengembangkan hasil karyanya agar dapat dikenal dan dapat bersaing dengan produk dari daerah-daerah lain yang masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline