Baca Juga

Pantai Watu Karung Kabupaten Pacitan Jawa Timur (http://pacitanparadise99.blogspot.com)

Pantai Watu Karung terletak di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur.

Kota Pacitan memang kota yang memiliki gugusan pantai selatan yang begitu indah selain di Yogyakarta. Keindahan pantai-pantai yang terdapat di balik pegunungan seperti Pantai Klayar, Pantai teleng Ria yang sudah terkenal di Pacitan ternyata masih mempunyai keesotikan pantai yang lain dan berbeda dengan pantai lainnya. Pantai Watu Karung yang kelebihannya adalah sebagai tujuan tempat olahraga surfing di Pulau Jawa dan juara dunia surfingpun pernah merasakannya disini.

Pantai Watu Karung (http://worldtourismindonesia.blogspot.com)

Pantai Watu Karung atau warga sekitar menyebutnya dengan Pantai WK ini berada diujung perkampungan. Pantai ini terletak tidak jauh dengan Pantai Srau yang berjarak tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Karena belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini menjadikan pantai ini masih sepi dan masih terjaga kelestariannya.

Walaupun pantai ini tidak begitu luas. Keindahan Pantai Watu Karung memang sangat indah, dikejauhan terdapat pemandangan batuan karang besar yang berjejer dan sedikit dihiasi tumbuhan yang berwarna hijau. Pasir pantai yang putih bersih masih terbebas dari sampah menjadikan pemandangan yang begitu menyegarkan. Air laut yang berwarna hijau di tepian dan jernih membuat karang-karang serta biota laut yang berada diwahnya kelihatan tanpa kita harus menyelam.

Pantai Watu Karung (https://nopanngluyur.wordpress.com)

Pantai yang langsung berhadapan dengan samudera hindia ini menjadikan pantai ini memiliki ombak yang begitu besar tetapi tidak sampai ke bibir pantai. Keadaan di bibir pantai ombaknya cukup landai sehingga pengunjung bisa bermain-main air di pinggiran pantai. Keadaan ombak ini menjadikan pantai ini sebagai spot tempat surfing yang paling cocok. Para pecinta olah raga surfing yang bukan hanya dari negara Indonesia saja, tetapi dari berbagai negara di dunia menjadikan Pantai Karang Watu sebagai surga surfing di Indonesia selain di Bali.

Pantai Watu Karung adalah nirwana. Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer serasa berada di surga. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri. Tempat ini juga belum terlalu ramai, sehingga surfer bisa mengejar ombak dengan leluasa. Angin offshore biasanya datang pada bulan April – Oktober, menjadikan bulan-bulan ini adalah saat-saat terbaik untuk bercengkerama dengan barrel Watu Karung.

Pantai Watu Karung (http://pse.ugm.ac.id)

Aksebilitas

Pantai Watu Karung mempunyai jarak tempuh dari pusat Kota Pacitan kurang lebih berkisar 40 km. Akses jalan menuju ke lokasi bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat karena belum ada angkutan umum yang khusus menuju lokasi pantai watu karung dari jalan raya.

Bagi pengunjung yang dari arah timur, bisa melewati rute Ponorogo – pacitan yaitu via Ponorogo – purwantoro – Nawangan – Arjosari – Pacitan.

Apabila dari arah Kota Solo. Jika melewati jalur ini, dari pacitan kota sepanjang jalan raya anda akan di suguhi panorama pantai teleng ria, karena jalan menuju pantai watu karung menyusuri di sekitar pinggiran pantai teleng ria yang tanpak dari atas. Di lanjutkan memasuki hutan lebat milik pemerintah samapai di kecamatan pringkuku.

Akomodasi

Resort, cottage dan bungalow menghiasi sepanjang pantai Watukarung Pacitan. Bangunan-bangunan itu umumnya berarsitektur Jawa. Atap limas menjadi ciri paling mencolok.